Kurikulum Program S2

Kurikulum

Struktut Mata Kuliah Program Magister Reguler

Kompetensi Umum
Kompetensi Dasar Program Studi
Kompetensi Program Studi
Minat Program Studi
Pengayaan
Tugas Akhir
Kompetensi Umum

Kode Mata Kuliah Kredit Semester

THH501

Metode Penelitian

3(2-1)

1/2

Deskripsi
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep dan pengertian etika akademik dan etika penelitian ilmiah berikut perkembangannya, prosedur penelitian yang dimulai dari pengembangan ide, pertimbangan-pertimbangan dalam memilih rancangan penelitian, penerapan teori, strategi menulis dan pertimbangan etis, serta merancang penelitian yg dimulai dari pendahuluan, tinjauan pustaka, rumusan masalah dan hipotesa, metode kuantitatif, kualitatif, dan campuran, prosedur pengumpulan data, serta analisis datanya. Mata kuliah ini dilegkapi dengan responsi dengan materi: etika pendidikan dan penulisan ilmiah, teknik penyusunan proposal penelitian, karya ilmiah tugas akhir mahasiswa baik tesis, artikel ilmiah, dan presentasi karya ilmiahnya.
Fauzi Febrianto
Rita Kartika Sari

PPS503

Bahasa Inggris

LH

1/2

Deskripsi
Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana program magister. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif.

Kompetensi Dasar Program Studi

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

 

THH502

Perancangan Percobaan Hasil Hutan

3(2-1)

1/2

Deskripsi

Mata ajaran ini membahas statistika dasar (jenis-jenis peubah, penyajian data, peringkasan data, konsep peubah acak, sebaran peluang peubah acak, pendugaan parameter dan pengujian hipótesis). Analisis korelasi dan regresi linier (formulasi model, pendugaan parameter model, pengujian model, ukuran kebaikan model, penerapan model). Prinsip Perancangan Percobaan, Analisis Varian Rancangan Teracak Lengkap, Analisis Varian Rancangan Teracak dalam Blok, Analisis Varian Percobaan Factorial Acak Lengkap, Analisis Varian Percobaan Factorial Acak dalm Blok, Analisis Varian Percobaan Factorial Acak Lengkap, Analisis Varian Rancangan Split Plot, Analisis Covarian, Analisis Non-Parametrik.

I Wayan Darmawan

Effendi Tri Bahtiar

THH50R

Ilmu Kayu

2(2-0)

1/2

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas tentang struktur anatomi, sifat fisis, sifat mekanis dan sifat kimia biomaterial hutan dalam kaitannya sebagai bahan baku industri termasuk keragaman dan faktor-faktor yang mempengaruhinya dalam rangka menentukan tujuan penggunaan, rekayasa, dan proses pengolahan yang paling tepat.

Deded Sarip Nawawi

Imam Wahyudi

Istie Sekartining Rahayu

Naresworo Nugroho

Kompetensi Program Studi

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

 

THH511

FIsika Biomaterial

2(2-0)

1/2

Deskripsi

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang ilmu dasar yang berkaitan dengan fisika biomaterial meliputi fisika air, berat jenis, kerapatan, kembang susut, permeabilitas, kapiler, karakteristik permukaan serta fisika biomaterial lain yang berhubungan dengan panas, bunyi, listrik serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Istie Sekartining Rahayu

Trisna Pribadi

THH531

Mekanika Biomaterial

3(2-1)

1/2

Deskripsi

Mata kuliah ini membahas keunikan kayu dan komposit kayu yang meliputi sifat-sifat multi-komponen sel penyusunnya, hygroskopis, anisotropis, ketidakhomogenan, diskontiuitas, inelastisitas, fibrous, porous, dan keterbaharuan. Sifat mekanika bahan yang meliputi tegangan, regangan, dan perubahan bentuk pada benda anisotropi juga dibahas dan diaplikasikan pada system sederhana seperti batang tekan dan tarik uniaxial, balok lentur sederhana, dan tekuk. Perilaku biomaterial dalam menahan beban jangka panjang dan beban dinamis dijelaskan dalam model matematika. Kayu dan komposit kayu dijelaskan melalui pendekatan sebagai system lapisan yang dianalisis dengan transformed cross section. Mata kuliah ini diikuti dengan praktek pengujian sifat mekanis kayu dan komposit kayu mengikuti beberapa standar yang berlaku.

Effendi Tri Bahtiar 

Naresworo Nugroho

Lina Karlinasari

THH541

Kimia Biomaterial

2(2-0)

1/2

Deskripsi

Mata ajaran ini membahas aspek kimia biomaterial; selulosa, hemiselulosa, lignin dan zat ekstraktif; yang mencakup materi struktur kimia dan polimerirasi, karakterisk fisik dan kimia, reaksi-reaksi dasar, dan modifikasi kimia sebagai dasar pengembangan teknologi penggunaan biomaterial hutan.

Deded Sarip Nawawi

Nyoman Jaya Wistara

Minat Program Studi

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

THH601

Biopolimer

2(2-0)

Ganjil/Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan dasar yang memadai tentang biopolimer terutama polimer bebasis polisakarida (selulosa dan chitosan) dan lignin bagi mahasiswa yang tidak memiliki dasar ilmu polimer secara memadai, namun memerlukan pemahaman yang memadai dalam rangka melaksanakan penelitian tugas akhirnya. Bahasan akan meliputi chain molecules, sifat biopolimer, polisakarida (selulosa dan chitin), lignin, teknik blending antar beragam jenis polimer untuk menghasilkan produk unggul. Karakterisasi, modifikasi kimia.

Nyoman Jaya Wisata

Fauzi Febrianto

THH602

Modifikasi Biomaterial

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas pentingnya modifikasi biomaterial dalam upaya meningkatkan kualitas dan produk biomaterial, modifikasi sifat-sifat biomaterial, modifikasi kimia biomaterial I (modifikasi dengan anhidrida asetat), modifikasi kimia biomaterial II (reaksi dengan bahan kimia lain), modifikasi biomaterial dengan panas, modifikasi permukaan, modifikasi impregnasi, pertimbangan komersilalisasi dan lingkungan, serta perkembangan ke depan.

Fauzi Febrianto

Warsin Syafii

THH612

Deteriorasi Kayu

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas proses fisis, kimiawi, dan biologis terjadinya deteriorasi kayu serta dampaknya secara teknis, sosial ekonomis, dan ekologis; disamping itu juga dibahas teori dan teknik perlindungan kayu dari kemungkinan terjadinya deteriorasi, termasuk aplikasi coating agents (water repellent, varnish, lacquer, dan cat) serta bahan pengawet kayu (wood preservative).

Dodi Nadika

Arinana

Trisna Pribadi

Istie Sekartining Rahayu

THH613

Ultrastruktur Dinding Sel Kayu

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini menjelaskan tentang ultrastruktur dinding sel penyusun kayu daun lebar (hardwoods), kayu daun jarum (softwoods/conifer), dan palmwood termasuk ultrastruktur di bagian kayu reaksi dan kayu juvenil serta kaitannya dengan fungsi, sifat/karakter biomaterial, dan proses pengolahan. Ultrastruktur dinding sel yang akan diamati adalah tanda-tanda khusus di dinding dan di dalam sel pembuluh (pori-pori kayu); fibers (serabut di hardwoods, sel trakeida aksial di softwood, dan fiber bundles di palmwoods), parenkim aksial di hardwoods, softwoods, dan palmwoods); parenkim jari-jari (jari-jari kayu) di hardwoods dan softwoods; serta inklusi mineral termasuk kristal dan silika.

Imam Wahyudi

Trisna Pribadi

THH614

Finishing Kayu

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah wood surface coating ini adalah mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S2 Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan IPB. Mata kuliah ini diberikan sebagai pengetahuan lanjut dalam meningkatkan mutu kayu melalui teknologi pelapisan permukaan (surface coating). Mata kuliah ini akan membahas : 1) Ultrastructure and degradation of wood surfaces, 2) Surface defects and roughness of woods, 3) Surface tension and surface free energy,4) Polymeric coating materials 5) Wettability of liquid coatings, 6) Adhesion and bonding quality of the coating, 7) Innovation on paint additives for improving paint block resistance, 8) Nano coating technology.

I Wayan Darmawan

Istie Sekartining Rahayu

THH615

Biologi Rayap

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas mempelajari dan menerangkan perkembangan terbaru tentang taksonomi, klasifikasi, morfologi, anatomi, filogeni, dan perilaku rayap baik sebagai individu maupun koloni. Selain itu, mata kuliah ini juga mempelajari peranan rayap dalam ekosistem serta perilaku rayap dan kaitannya dengan deteriorasi kayu, dampak serangan rayap pada kayu dan bangunan, baik secara fisik, mekanis, ekonomis maupun ekologis. Teknik-teknik pengendalian rayap, baik secara fisik mekanis, kimiawi, maupun biologis.

Dodi Nandika

Arinana

THH616

Analisis Pemesinan

3(2-1)

Genap

Deskripsi

THH521

Teknologi Perekatan Biomaterial

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini menjelaskan arti dan ruang lingkup perekatan kayu, peran perekat pada produk biokomposit, peran perekat, sirekat dan mekanisme terjadinya perekatan, ikatan antar molekul pada perekatan, sifat sirekat yang berperan pada perekatan, perekat alami, perekat sintetis thermosetting dan thermoplastic, formula perekat, mekanisme terbentuknya perekatan pada biomaterial, emisi formaldehida, optimasi sifat perekat dan sirekat, serta evaluasi perekat dan perekatan.

Yusuf Sudo Hadi

Dede Hermawan

THH622

Teknologi Biokomposit

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini diberikan sebagai pengetahuan fundamental dalam pengolahan biomaterial menjadi produk-produk biokomposit. Mata kuliah ini akan membahas: 1) Definisi/pengertian umum biokomposit, 2) Kayu lapis, LVL, Glulam, 3) Papan partikel, Oriented Strand Board (OSB), Papan serat, dan Inorganic-Bonded Composites.

Dede Hermawan

Yusuf Sudo Hadi

THH624

Komposit Biomaterial Maju

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata ajaran ini menyajikan materi tentang komposit polimer kayu (wood polymer composite) dan bionanokomposit dari kayu dan bahan berlignoselulosa lainnya yang akan menjelaskan tentang berbagai matrix, filler, coupling agent dan bahan aditif lainnya dalam proses pembuatan baik itu wood polymer composite maupun bionanokomposit. Selain itu, proses isolasi dan modifikasi nanoselulosa turut dibahas dalam rangka pembuatan dan aplikasi bionanokomposit.

Fauzi Febrianto

Yusuf Sudo Hadi

THH632

Nondestruktif Hasil Hutan

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Cakupan materi yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi hirearki stuktur kayu, hipotesa dasar NDT/E dan kaitannya dengan karakteristik kayu, produk kayu dan hasil hutan lainnya, serta mampu menjelaskan prinsip kerja dan aplikasi untuk berbagai metode NDT/E yaitu berbasis elastisitas dan defleksi, akustik, NIR spektroskopi, termal dan microwave, dan nuclear magnetic resonance pada suatu produk dan pengujian in-situ bangunan serta pohon berdiri. Diskusi interaktif dan tugas terstruktur diberikan untuk beberap topik terkini terkait aplikasi NDT/E di bebagai produk.

Lina Karlinasari

Naresworo Nugroho

THH633

Material Terbarukan pada Konstruksi Berkelanjutan

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mampu menganalisis bangunan hijau yang berwawasan lingkungan yang ditinjau dari berbagai aspek termasuk dari desain, proses maupun ekologi bangunannya. Penilaian bengunan menggunakan berbagai standard nasional & internasional serta pendekatan domestik pada bangunan berwawasan lingkungan; analisis siklus material (life cycle analysis) pada bangunan hijau, kualitas lingkungan serta lingkungan terbangun (built environment).yang mempengaruhi bangunan hijau.

Naresworo Nugroho

Lina Karlinasari

THH642

Ilmu Pulp dan Serat Alami

2(2-0)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini secara mendetail menjelaskan tentang beragam pulping proses, anatomi serpih kayu sehubungan denganpnetrasi larutan, prinsip dasar mekanisme reaksi ekstraksi serat, kinetika reaksi dan transfer massa alam proses pulping, bleaching dan pencucian pulp, preparasi material maju berbasis nanofiber dari serat selulosa, dan aspek ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengendalian dampak lingkungan dari fiber processing (pulping dan bleaching).

Nyoman Jaya Wistara

THH643

Biorefineri Lignoselulosa

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas konversi biomasa lignoselulosa dengan pendekatan biorefineri meliputi materi konsep biorefineri, bahan baku, fraksinasi komponen lignoselulosa, karakteristik kimia lignoselulosa, jenis konversi biomasa lignoselulosa, produk biorefineri lignoselulosa, integrasi industri biorefineri, prospek dan aspek lingkungan untuk meningkatkan efisiensi biomaterial hutan.

Wasrin Syafii

Deded Sarip Nawawi

THH644

Ekstraktif Hasil Hutan

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas tentang penggolongan dan karakteristik zat ekstraktif hasil hutan; prinsip-prinsip dasar mekanisme dan jenis ekstraksi, fraksinasi, dan isolasi; karakterisasi zat ekstraktif dengan metode spektroskopi; material maju berbasis zat ekstraktif hasil hutan; dan diskusi interaktif serta penugasan terstruktur untuk topik terkini terkait dengan ekstraktif hasil hutan.

Rita Kartika Sari

Wasrin Syafii

THH651

Optimasi dalam Industri Hasil Hutan

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas: Pengantar Optimasi (Introduction to Optimization), Program Linear (Linear programming), Program Jejaring (Network models), Program Integer (Integer programming), Program non-linear (Non-linear programming), dan Simulasi (Simulation).

Bintang CH Simangunsong

Elisa Ganda Togu Manurung

THH652

Model Ekonometrika untuk Hasil Hutan

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas : Model persamaan tunggal (Single Equation Models), Model persamaan pilihan kualitatif (Model of Qualitative Choice), Model persamaan simultan (Simultaneous-Equation Models), dan Model deret waktu (Time Series Models).

Bintang CH Simangunsong

Elisa Ganda Togu Manurung

THH50A

Topik Khusus 1

2(2-0)

Ganjil/Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini khusus untuk mahasiswa program Magister dan merupakan perkuliahan yang dilakukan tatap muka antara dosen dan mahasiswa secara terjadwal yang diadakan untuk memperkaya materi penelitian mahasiswa. MK ini dikelola oleh komisi pembimbing dan atau dosen IPB yang kompeten di bidangnya (1-3 orang).

THH50B

Topik Khusus 2

2(2-0)

Ganjil/Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini khusus untuk mahasiswa program Magister dan merupakan perkuliahan yang dilakukan tatap muka antara dosen dan mahasiswa secara terjadwal yang diadakan untuk memperkaya materi penelitian mahasiswa. MK ini dikelola oleh komisi pembimbing dan atau dosen IPB yang kompeten di bidangnya (1-3 orang).

Pengayaan

Kode Mata Kuliah Kredit Semester

Mata Kuliah pilihan dari luar program studi sesuai keperluan Mahasiswa (M=merdeka)

1-M

Ganjil/Genap

Deskripsi

Tugas Akhir

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

THH691

Kolokium

1(0-1)

2

THH629

Proposal

2(0-2)

2

THH693

Ujian Tesis

2(0-2)

3/4

THH694

Tesis

6(0-6)

3/4

PPs691

Seminar Tesis

1(0-1)

3/4

Publikasi

PPS692

Publikasi Ilmiah Nasional

2(0-2)

3/4

PPS693

Publikasi Ilmiah Nasional 1

2(0-2)

3/4

PPS694

Publikasi Ilmiah Nasional 2

2(0-2)

3/4

PPS695

Publikasi Ilmiah Internasional

2(0-2)

3/4

PPS696

Publikasi Ilmiah Internasional 1

3(0-3)

3/4

PPS697

Publikasi Ilmiah Internasional 2

3(0-3)

3/4

PPS698

Publikasi di Prosiding Seminar Nasional

2(0-2)

3/4

Struktut Mata Kuliah Program Magister By Research

Kompetensi Umum
Kompetensi Dasar Program Studi
Kompetensi Program Studi
Minat Program Studi
Pengayaan
Tugas Akhir
Kompetensi Umum

Kode Mata Kuliah Kredit Semester

THH501

Metode Penelitian

3(2-1)

1/2

Deskripsi
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep dan pengertian etika akademik dan etika penelitian ilmiah berikut perkembangannya, prosedur penelitian yang dimulai dari pengembangan ide, pertimbangan-pertimbangan dalam memilih rancangan penelitian, penerapan teori, strategi menulis dan pertimbangan etis, serta merancang penelitian yg dimulai dari pendahuluan, tinjauan pustaka, rumusan masalah dan hipotesa, metode kuantitatif, kualitatif, dan campuran, prosedur pengumpulan data, serta analisis datanya. Mata kuliah ini dilegkapi dengan responsi dengan materi: etika pendidikan dan penulisan ilmiah, teknik penyusunan proposal penelitian, karya ilmiah tugas akhir mahasiswa baik tesis, artikel ilmiah, dan presentasi karya ilmiahnya.
Fauzi Febrianto
Rita Kartika Sari

PPS503

Bahasa Inggris

LH

1/2

Deskripsi
Mata kuliah ini berbobot 3 SKS dan merupakan mata kuliah yang terbuka bagi seluruh mahasiswa pascasarjana program magister. Pelajaran Bahasa Inggris diberikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa SPs dalam memperdalam ilmu, khususnya untuk meningkatkan kemampuan membaca materi akademik, menulis, membuat ringkasan hasil penelitian dan menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris, baik secara pasif maupun secara aktif.

Kompetensi Dasar Program Studi

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

THH502

Perancangan Percobaan Hasil Hutan

3(2-1)

1/2

Deskripsi
Mata ajaran ini membahas statistika dasar (jenis-jenis peubah, penyajian data, peringkasan data, konsep peubah acak, sebaran peluang peubah acak, pendugaan parameter dan pengujian hipótesis). Analisis korelasi dan regresi linier (formulasi model, pendugaan parameter model, pengujian model, ukuran kebaikan model, penerapan model). Prinsip Perancangan Percobaan, Analisis Varian Rancangan Teracak Lengkap, Analisis Varian Rancangan Teracak dalam Blok, Analisis Varian Percobaan Factorial Acak Lengkap, Analisis Varian Percobaan Factorial Acak dalm Blok, Analisis Varian Percobaan Factorial Acak Lengkap, Analisis Varian Rancangan Split Plot, Analisis Covarian, Analisis Non-Parametrik.
I Wayan Darmawan
Effendi Tri Bahtiar

Kompetensi Program Studi

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

 

THH511

FIsika Biomaterial

2(2-0)

1/2

Deskripsi

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan tentang ilmu dasar yang berkaitan dengan fisika biomaterial meliputi fisika air, berat jenis, kerapatan, kembang susut, permeabilitas, kapiler, karakteristik permukaan serta fisika biomaterial lain yang berhubungan dengan panas, bunyi, listrik serta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Istie Sekartining Rahayu

Trisna Pribadi

THH531

Mekanika Biomaterial

3(2-1)

1/2

Deskripsi

Mata kuliah ini membahas keunikan kayu dan komposit kayu yang meliputi sifat-sifat multi-komponen sel penyusunnya, hygroskopis, anisotropis, ketidakhomogenan, diskontiuitas, inelastisitas, fibrous, porous, dan keterbaharuan. Sifat mekanika bahan yang meliputi tegangan, regangan, dan perubahan bentuk pada benda anisotropi juga dibahas dan diaplikasikan pada system sederhana seperti batang tekan dan tarik uniaxial, balok lentur sederhana, dan tekuk. Perilaku biomaterial dalam menahan beban jangka panjang dan beban dinamis dijelaskan dalam model matematika. Kayu dan komposit kayu dijelaskan melalui pendekatan sebagai system lapisan yang dianalisis dengan transformed cross section. Mata kuliah ini diikuti dengan praktek pengujian sifat mekanis kayu dan komposit kayu mengikuti beberapa standar yang berlaku.

Effendi Tri Bahtiar 

Naresworo Nugroho

Lina Karlinasari

THH541

Kimia Biomaterial

2(2-0)

1/2

Deskripsi

Mata ajaran ini membahas aspek kimia biomaterial; selulosa, hemiselulosa, lignin dan zat ekstraktif; yang mencakup materi struktur kimia dan polimerirasi, karakterisk fisik dan kimia, reaksi-reaksi dasar, dan modifikasi kimia sebagai dasar pengembangan teknologi penggunaan biomaterial hutan.

Deded Sarip Nawawi

Nyoman Jaya Wistara

Minat Program Studi

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

THH601

Biopolimer

2(2-0)

Ganjil/Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini ditujukan untuk memberikan dasar yang memadai tentang biopolimer terutama polimer bebasis polisakarida (selulosa dan chitosan) dan lignin bagi mahasiswa yang tidak memiliki dasar ilmu polimer secara memadai, namun memerlukan pemahaman yang memadai dalam rangka melaksanakan penelitian tugas akhirnya. Bahasan akan meliputi chain molecules, sifat biopolimer, polisakarida (selulosa dan chitin), lignin, teknik blending antar beragam jenis polimer untuk menghasilkan produk unggul. Karakterisasi, modifikasi kimia.
Nyoman Jaya Wisata
Fauzi Febrianto

THH602

Modifikasi Biomaterial

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas pentingnya modifikasi biomaterial dalam upaya meningkatkan kualitas dan produk biomaterial, modifikasi sifat-sifat biomaterial, modifikasi kimia biomaterial I (modifikasi dengan anhidrida asetat), modifikasi kimia biomaterial II (reaksi dengan bahan kimia lain), modifikasi biomaterial dengan panas, modifikasi permukaan, modifikasi impregnasi, pertimbangan komersilalisasi dan lingkungan, serta perkembangan ke depan.
Fauzi Febrianto
Warsin Syafii

THH612

Deteriorasi Kayu

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas proses fisis, kimiawi, dan biologis terjadinya deteriorasi kayu serta dampaknya secara teknis, sosial ekonomis, dan ekologis; disamping itu juga dibahas teori dan teknik perlindungan kayu dari kemungkinan terjadinya deteriorasi, termasuk aplikasi coating agents (water repellent, varnish, lacquer, dan cat) serta bahan pengawet kayu (wood preservative).
Dodi Nadika
Arinana
Trisna Pribadi
Istie Sekartining Rahayu

THH613

Ultrastruktur Dinding Sel Kayu

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini menjelaskan tentang ultrastruktur dinding sel penyusun kayu daun lebar (hardwoods), kayu daun jarum (softwoods/conifer), dan palmwood termasuk ultrastruktur di bagian kayu reaksi dan kayu juvenil serta kaitannya dengan fungsi, sifat/karakter biomaterial, dan proses pengolahan. Ultrastruktur dinding sel yang akan diamati adalah tanda-tanda khusus di dinding dan di dalam sel pembuluh (pori-pori kayu); fibers (serabut di hardwoods, sel trakeida aksial di softwood, dan fiber bundles di palmwoods), parenkim aksial di hardwoods, softwoods, dan palmwoods); parenkim jari-jari (jari-jari kayu) di hardwoods dan softwoods; serta inklusi mineral termasuk kristal dan silika.
Imam Wahyudi
Trisna Pribadi

THH614

Finishing Kayu

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah wood surface coating ini adalah mata kuliah pilihan bagi mahasiswa S2 Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan IPB. Mata kuliah ini diberikan sebagai pengetahuan lanjut dalam meningkatkan mutu kayu melalui teknologi pelapisan permukaan (surface coating). Mata kuliah ini akan membahas : 1) Ultrastructure and degradation of wood surfaces, 2) Surface defects and roughness of woods, 3) Surface tension and surface free energy,4) Polymeric coating materials 5) Wettability of liquid coatings, 6) Adhesion and bonding quality of the coating, 7) Innovation on paint additives for improving paint block resistance, 8) Nano coating technology.
I Wayan Darmawan
Istie Sekartining Rahayu

THH615

Biologi Rayap

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas mempelajari dan menerangkan perkembangan terbaru tentang taksonomi, klasifikasi, morfologi, anatomi, filogeni, dan perilaku rayap baik sebagai individu maupun koloni. Selain itu, mata kuliah ini juga mempelajari peranan rayap dalam ekosistem serta perilaku rayap dan kaitannya dengan deteriorasi kayu, dampak serangan rayap pada kayu dan bangunan, baik secara fisik, mekanis, ekonomis maupun ekologis. Teknik-teknik pengendalian rayap, baik secara fisik mekanis, kimiawi, maupun biologis.
Dodi Nandika
Arinana

THH616

Analisis Pemesinan

3(2-1)

Genap

Deskripsi

THH521

Teknologi Perekatan Biomaterial

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini menjelaskan arti dan ruang lingkup perekatan kayu, peran perekat pada produk biokomposit, peran perekat, sirekat dan mekanisme terjadinya perekatan, ikatan antar molekul pada perekatan, sifat sirekat yang berperan pada perekatan, perekat alami, perekat sintetis thermosetting dan thermoplastic, formula perekat, mekanisme terbentuknya perekatan pada biomaterial, emisi formaldehida, optimasi sifat perekat dan sirekat, serta evaluasi perekat dan perekatan.
Yusuf Sudo Hadi
Dede Hermawan

THH622

Teknologi Biokomposit

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini diberikan sebagai pengetahuan fundamental dalam pengolahan biomaterial menjadi produk-produk biokomposit. Mata kuliah ini akan membahas: 1) Definisi/pengertian umum biokomposit, 2) Kayu lapis, LVL, Glulam, 3) Papan partikel, Oriented Strand Board (OSB), Papan serat, dan Inorganic-Bonded Composites.
Dede Hermawan
Yusuf Sudo Hadi

THH624

Komposit Biomaterial Maju

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata ajaran ini menyajikan materi tentang komposit polimer kayu (wood polymer composite) dan bionanokomposit dari kayu dan bahan berlignoselulosa lainnya yang akan menjelaskan tentang berbagai matrix, filler, coupling agent dan bahan aditif lainnya dalam proses pembuatan baik itu wood polymer composite maupun bionanokomposit. Selain itu, proses isolasi dan modifikasi nanoselulosa turut dibahas dalam rangka pembuatan dan aplikasi bionanokomposit.
Fauzi Febrianto
Yusuf Sudo Hadi

THH632

Nondestruktif Hasil Hutan

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Cakupan materi yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi hirearki stuktur kayu, hipotesa dasar NDT/E dan kaitannya dengan karakteristik kayu, produk kayu dan hasil hutan lainnya, serta mampu menjelaskan prinsip kerja dan aplikasi untuk berbagai metode NDT/E yaitu berbasis elastisitas dan defleksi, akustik, NIR spektroskopi, termal dan microwave, dan nuclear magnetic resonance pada suatu produk dan pengujian in-situ bangunan serta pohon berdiri. Diskusi interaktif dan tugas terstruktur diberikan untuk beberap topik terkini terkait aplikasi NDT/E di bebagai produk.
Lina Karlinasari
Naresworo Nugroho

THH633

Material Terbarukan pada Konstruksi Berkelanjutan

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan kepada mahasiswa untuk mampu menganalisis bangunan hijau yang berwawasan lingkungan yang ditinjau dari berbagai aspek termasuk dari desain, proses maupun ekologi bangunannya. Penilaian bengunan menggunakan berbagai standard nasional & internasional serta pendekatan domestik pada bangunan berwawasan lingkungan; analisis siklus material (life cycle analysis) pada bangunan hijau, kualitas lingkungan serta lingkungan terbangun (built environment).yang mempengaruhi bangunan hijau.
Naresworo Nugroho
Lina Karlinasari

THH642

Ilmu Pulp dan Serat Alami

2(2-0)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini secara mendetail menjelaskan tentang beragam pulping proses, anatomi serpih kayu sehubungan denganpnetrasi larutan, prinsip dasar mekanisme reaksi ekstraksi serat, kinetika reaksi dan transfer massa alam proses pulping, bleaching dan pencucian pulp, preparasi material maju berbasis nanofiber dari serat selulosa, dan aspek ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pengendalian dampak lingkungan dari fiber processing (pulping dan bleaching).
Nyoman Jaya Wistara

THH643

Biorefineri Lignoselulosa

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas konversi biomasa lignoselulosa dengan pendekatan biorefineri meliputi materi konsep biorefineri, bahan baku, fraksinasi komponen lignoselulosa, karakteristik kimia lignoselulosa, jenis konversi biomasa lignoselulosa, produk biorefineri lignoselulosa, integrasi industri biorefineri, prospek dan aspek lingkungan untuk meningkatkan efisiensi biomaterial hutan.
Wasrin Syafii
Deded Sarip Nawawi

THH644

Ekstraktif Hasil Hutan

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas tentang penggolongan dan karakteristik zat ekstraktif hasil hutan; prinsip-prinsip dasar mekanisme dan jenis ekstraksi, fraksinasi, dan isolasi; karakterisasi zat ekstraktif dengan metode spektroskopi; material maju berbasis zat ekstraktif hasil hutan; dan diskusi interaktif serta penugasan terstruktur untuk topik terkini terkait dengan ekstraktif hasil hutan.
Rita Kartika Sari
Wasrin Syafii

THH651

Optimasi dalam Industri Hasil Hutan

3(2-1)

Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas: Pengantar Optimasi (Introduction to Optimization), Program Linear (Linear programming), Program Jejaring (Network models), Program Integer (Integer programming), Program non-linear (Non-linear programming), dan Simulasi (Simulation).
Bintang CH Simangunsong
Elisa Ganda Togu Manurung

THH652

Model Ekonometrika untuk Hasil Hutan

3(2-1)

Ganjil

Deskripsi
Mata kuliah ini membahas : Model persamaan tunggal (Single Equation Models), Model persamaan pilihan kualitatif (Model of Qualitative Choice), Model persamaan simultan (Simultaneous-Equation Models), dan Model deret waktu (Time Series Models).
Bintang CH Simangunsong
Elisa Ganda Togu Manurung

THH50A

Topik Khusus 1

2(2-0)

Ganjil/Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini khusus untuk mahasiswa program Magister dan merupakan perkuliahan yang dilakukan tatap muka antara dosen dan mahasiswa secara terjadwal yang diadakan untuk memperkaya materi penelitian mahasiswa. MK ini dikelola oleh komisi pembimbing dan atau dosen IPB yang kompeten di bidangnya (1-3 orang).

THH50B

Topik Khusus 2

2(2-0)

Ganjil/Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini khusus untuk mahasiswa program Magister dan merupakan perkuliahan yang dilakukan tatap muka antara dosen dan mahasiswa secara terjadwal yang diadakan untuk memperkaya materi penelitian mahasiswa. MK ini dikelola oleh komisi pembimbing dan atau dosen IPB yang kompeten di bidangnya (1-3 orang).

THH50C

Topik Khusus 1

2(2-0)

Ganjil/Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini khusus untuk mahasiswa program Magister dan merupakan perkuliahan yang dilakukan tatap muka antara dosen dan mahasiswa secara terjadwal yang diadakan untuk memperkaya materi penelitian mahasiswa. MK ini dikelola oleh komisi pembimbing dan atau dosen IPB yang kompeten di bidangnya (1-3 orang).

THH50D

Topik Khusus 2

2(2-0)

Ganjil/Genap

Deskripsi
Mata kuliah ini khusus untuk mahasiswa program Magister dan merupakan perkuliahan yang dilakukan tatap muka antara dosen dan mahasiswa secara terjadwal yang diadakan untuk memperkaya materi penelitian mahasiswa. MK ini dikelola oleh komisi pembimbing dan atau dosen IPB yang kompeten di bidangnya (1-3 orang).

Pengayaan

Kode Mata Kuliah Kredit Semester

Mata Kuliah pilihan dari luar program studi sesuai keperluan Mahasiswa (M=merdeka)

1-M

Ganjil/Genap

Deskripsi

Tugas Akhir

Kode

Mata Kuliah

Kredit

Semester

THH691

Kolokium

1(0-1)

2

THH629

Proposal

2(0-2)

2

THH693

Ujian Tesis

2(0-2)

3/4

THH694

Tesis

6(0-6)

3/4

PPs691

Seminar Tesis

1(0-1)

3/4

Publikasi

PPS692

Publikasi Ilmiah Nasional

2(0-2)

3/4

PPS693

Publikasi Ilmiah Nasional 1

2(0-2)

3/4

PPS694

Publikasi Ilmiah Nasional 2

2(0-2)

3/4

PPS695

Publikasi Ilmiah Internasional

2(0-2)

3/4

PPS696

Publikasi Ilmiah Internasional 1

3(0-3)

3/4

PPS697

Publikasi Ilmiah Internasional 2

3(0-3)

3/4

PPS698

Publikasi di Prosiding Seminar Nasional

2(0-2)

3/4

Demos

Color Skin

Header Style

Layout

Wide
Boxed